Cara Membangun Brand Bisnis Online Terbaik

Cara Membangun Brand

Brand adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis, termasuk bisnis yang dijalankan secara online. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara membangun brand bisnis online terbaik agar bisnis yang Anda jalankan itu mengalami peningkatan dan tidak masuk ke zona bahaya karena kondisi bisnis yang tidak berkembang walau sudah cukup lama berjalan.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara terbaik untuk bisa membangun brand bisnis online khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam menekuni dunia bisnis tersebut.

Cara Membangun Brand yang Efektif untuk Meningkatkan Bisnis

Cara Membangun Brand
  • Memanfaatkan Sosial Media

Di zaman yang serba digital, sosial media adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk membangun brand. Dengan sosial media Anda bisa lebih mudah memiliki koneksi dengan customer. Oleh sebab itu, mulailah membangun brand bisnis dengan memanfaatkan sosial media dan bila perlu Anda bisa menyewa sosial media manager yang bekerja full time mengelola akun sosial media bisnis Anda.

  • Memanfaatkan Youtube

Brand bisnis online juga bisa dibangun melalui situs berbagi video seperti Youtube. Buatlah channel khusus untuk bisnis Anda dan mulailah bagikan video berkualitas terkait dengan brand bisnis yang ingin Anda bangun. Tujuan pemanfaatan Youtube untuk brand Anda itu adalah agar Anda bisa mengumpulkan lebih banyak customer melalui marketing video dalam niche yang Anda tentukan itu.

Jika Anda berhasil mendapatkan banyak subscriber dan viewers maka akan lebih mudah menjadi viral dan tentunya secara otomatis video yang Anda upload di Youtube itu akan memasarkan diri dengan sendirinya. Selain itu, trik lainnya adalah Anda bisa memasang link profil Youtube Anda di halaman depan blog atau website yang Anda miliki.

Anda juga perlu mencari tahu berbagai teknik untuk dapat mengoptimalkan video yang Anda upload di Youtube. Hal tersebut bertujuan untuk membuat video tersebut mendapatkan peringkat tinggi di Google dan Youtube sesuai dengan kata kunci yang telah Anda targetkan sebelumnya.

  • Menggunakan Press Release

Cara membangun brand selanjutnya adalah dengan fokus memanfaatkan press release yang berkualitas. Hal tersebut bertujuan agar brand Anda itu masuk ke berita Google. Selain itu Anda juga perlu memiliki beberapa jenis berita yang bisa dijadikan untuk report sebab tujuan utama dari press release itu agar banyak orang membaca berita online terkait dengan brand yang akan Anda bangun tersebut.

Ada beberapa website atau blog yang setiap harinya mendapat jumlah pengunjung hingga ribuan. Sebagian dari pengunjung website adalah mereka yang memang gemar mengklik dan membaca artikel pertama yang dilihatnya kemudian dilanjutkan dengan membagikannya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa kini ada cukup banyak website yang bersedia menerima postingan tamu dengan tujuan untuk bisa menjaga traffic agar tetap ramai. Cara ini bisa Anda coba terapkan dengan memposting menggunakan nama bisnis atau brand Anda dan kemungkinan Anda akan mendapatkan link back ke website Anda.

Cara ini mirip dengan press release namun dapat dilakukan secara bebas sepanjang waktu. Oleh sebab itu jika Anda mencoba membangun brand dengan cara ini, jangan pernah lupa untuk menampilkan nama, nama bisnis, dan profil sosial media di penulis bio sehingga pembaca bisa lebih mudah mengetahui brand Anda.

  • Memberikan Produk Gratis

Membangun brand juga bisa dilakukan dengan cara memberikan produk secara gratis. Contoh produk gratis yang bisa dijadikan sebagai ide pemberian produk secara gratis adalah versi trial dari produk yang akan Anda pasarkan.

Namun, tentunya pemberian produk atau versi trial secara gratis itu bukan berarti tanpa syarat apapun.  Salah satu syarat yang bisa Anda lakukan adalah pemberian versi trial secara gratis dengan syarat orang tersebut membuat postingan di sosial media yang mengiklankan brand bisnis Anda. Setelah Anda mengirimkan produk secara gratis itu, selalu selipkan nama brand Anda agar si penerima selalu ingat tentang brand Anda itu.

  • Menspesifikkan Audience

Sebagai orang yang ingin membangun brand, maka Anda tidak dapat mengarahkan traffic yang sesuai dengan target yang Anda inginkan jika Anda memposting tulisan yang targetnya untuk audience yang terlalu luas. Maka dari itu Anda sebaiknya lebih menspesifikkan audience dalam bentuk niche yang dapat mengarahkan traffic audience yang lebih spesifik sehingga bisa Anda tarik perhatiannya.

Usahakan pula jika Anda memiliki beberapa niche, sehingga akan lebih banyak audience yang spesifik karena tertarik dengan pilihan niche Anda. Tujuan utama membangun brand dengan cara ini adalah agar Anda bisa memisahkan audience yang kebutuhannya memang cocok dengan brand bisnis yang akan Anda bangun itu.

Cara membangun brand dengan strategi yang tepat akan memudahkan Anda dalam hal meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, jeli dalam menerapkan strategi promosi sehingga reputasi brand bisnis online Anda dapat terangkat adalah salah satu fokus yang diperlukan agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan apa yang Anda targetkan.

Uncategorized

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>